Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji UMR

Penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji UMR. Sebagian orang masih menganggap bahwa gaji UMR hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Namun, faktanya ada banyak sekali keluarga yang ternyata berhasil mengatur keuangan rumah tangga hanya dengan gaji UMR. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji UMR?

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji UMR

Yaps, cara mengatur keuangan rumah tangga bisa dibilang sangat mudah dilakukan, meskipun dengan penghasilan yang belum terlalu besar. Yuk! Langsung simak caranya sebagai berikut.

1. Hitung Jumlah Penghasilan dalam Rumah Tangga

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghitung jumlah penghasilan dalam satu rumah tangga. Dengan kamu mencatat berapa penghasilan rata-rata dari rumah tangga, maka kamu nantinya bisa menemukan patokan awal untuk mengatur keuangan.

Apalagi jika kamu berhasil mencatat secara keseluruhan dari total penghasilan rumah tangga, tentunya hal ini akan memudahkan kamu dalam melakukan screening dan merencanakan kebutuhan yang sekiranya harus diutamakan.

2. Hitung Jumlah Pengeluaran dalam Rumah Tangga

Selain menghitung penghasilan, kamu juga tentunya harus menghitung jumlah pengeluaran setiap bulan. Dengan mengetahui pengeluaran setiap bulan, maka kamu bisa meminimalisir pengeluaran apa sajakah yang sekiranya tidak terlalu penting.

Tentunya hal ini akan menjadi suatu evaluasi bagi setiap rumah tangga untuk lebih pintar dalam mengatur keuangan. Apalagi terkadang pengeluaran yang tidak tercatat justru membuat kontrol keuangan dalam keluarga menjadi berantakan.

3. Sisihkan Gaji Untuk di Tabung

Pastikan menyisihkan sebagian uang untuk ditabung setelah menerima gaji. Tentunya, setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki UMR yang berbeda-beda, tergantung dengan rata-rata kebutuhan yang layak untuk setiap orang di daerah tersebut.

Dengan demikian, setidaknya kamu bisa menyisihkan sekitar 10℅ penghasilan setiap menerima gaji. Tabungan ini memang sangat multiguna yang dimana bisa bermanfaat sebagai dana darurat, dana simpanan, dan lain-lain.

4. Buat Angaran Belanja Bulanan

Buatlah anggaran belanja bulanan dengan cara 40℅ sampai 50℅ gaji digunakan untuk kebutuhan pokok seperti membeli makanan, membayar tagihan, transportasi, internet, sedekah, dan lain sebagainya yang sekiranya penting untuk diutamakan.

Membuat anggaran belanja bulanan menjadi hal yang sangat penting sekali, mengingat tanpa adanya perencanaan keuangan yang baik, maka sudah dipastikan pengeluaran juga akan cenderung lebih boros karena tidak teratur.

5. Akumulasi Total Pengeluaran

Dengan menghitung akumulasi total pengeluaran secara keseluruhan dalam rumah tangga, maka kamu akan menyadari bahwa pengeluaran apa sajakah yang seharusnya diubah, ditambah, atau bahkan tidak dilakukan sama sekali.

Karena terkadang, banyak orang dengan gaji UMR yang sudah berstatus rumah tangga, ternyata masih belum memahami kebiasaan boros mereka sehingga menyebabkan pengeluaran menjadi sangat-sangat boros.

6. Evaluasi Hasil Catatan Keuangan

Dengan memahami kesimpulan pemasukan dan pengeluaran, maka kamu akan dengan mudah mengatur keuangan rumah tangga menjadi lebih baik. Lakukan evaluasi dengan mempertimbangkan beberapa sektor yang wajib dan tidak diwajibkan.

Mengeluarkan uang pada tempat yang tidak tepat menyebabkan gaji cepat habis tanpa mengerti kemana perginya. Maka dari itu, dengan melakukan evaluasi ini nantinya kamu dapat membuat perencanaan keuangan yang lebih matang.

7. Biasakan Hidup Hemat dan Menabung

Mungkin sebagian orang akan sulit melakukan langkah hemat dan menabung. Namun, dengan kamu mencoba untuk membiasakan diri dan menahan hawa nafsu membeli sesuatu yang kurang penting, maka hidup hemat dan menabung ini tentunya akan berhasil.

Yaps, kamu pastinya pernah mendengar sebuah pepatah yang mengatakan "bisa karena terbiasa". Tanamkan mindset secara paksa untuk bisa berhemat dan ajarkan juga pada keluarga bahwa hidup hemat adalah sesuatu yang indah demi masa depan.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji UMR. Namun, salah satu hal yang benar-benar harus dihindari adalah berhutang dan membeli barang yang tidak terlalu penting. Jangan sampai keuangan rumah tangga menjadi berantakan hanya karena mengikuti nafsu dan gengsi.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji UMR"