Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menghadapi Resesi Ekonomi 2023

Seperti yang diketahui bahwa banyak berita mengabarkan kalau di tahun 2023 akan terjadi resesi ekonomi. Isu tentang resesi ekonomi ini sendiri selalu dikaitkan dengan hal yang mengerikan, seperti penurunan harga saham, pemutusan kerja secara besar-besaran, dan masih banyak lagi.

Cara Menghadapi Resesi Ekonomi 2023

Sebenarnya resesi ekonomi ini sudah pernah terjadi di tahun sebelumnya. Melansir dari Clevergirlsfinance, resesi ekonomi pernah terjadi di Amerika Serikat pada tahun 2008. Peristiwa resesi ini ditandai dengan munculnya penurunan aktivitas di sektor industri dan perdagangan.

Semenjak tahun 2022 kemarin sudah banyak perusahaan raksasa di Indonesia yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara besar-besaran hingga ribuan karyawan, seperti contohnya Shopee dan Gojek Tokopedia (GoTo).

Bukan hanya Indonesia, melainkan seluruh dunia juga sedang mengalami resesi ekonomi. Tidak jarang, perusahaan raksasa seperti Google dan Amazon sering melakukan PHK secara massal terhadap karyawan.

Ditambah lagi sepanjang tahun 2022, banyak sekali tragedi musibah seperti munculnya pandemi Covid-19 serta konflik perang antara Rusia dan Ukraina yang menyebabkan perputaran ekonomi dunia terganggu.

Lalu, bagaimana cara menghadapi resesi ekonomi 2023? Yuk! Langsung saja kamu simak ulasan lengkapnya sebagai berikut. Tapi, sebelum itu kenali dulu apa yang dimaksud dengan resesi ekonomi.

Apa Itu Resesi Ekonomi?

Gampangnya, resesi ekonomi adalah kondisi dimana aktivitas ekonomi menurun secara panjang dalam waktu berbulan-bulan. Hal tersebut ditandai dengan penurunan output, pekerjaan dan pembelian konsumen.

Produksi barang dan jasa menurun serta tingkat pengangguran meningkat yang dimana menyebabkan penurunan pendapatan dan konsumsi. Resesi juga bisa terjadi secara lokal maupun global.

Adapun beberapa hal yang menyebabkan terjadinya resesi ekonomi adalah karena krisis keuangan, perang, bencana alam, dan pemotongan pengeluaran pemerintah.

Cara Menghadapi Resesi Ekonomi 2023

Berikut adalah beberapa cara menghadapi resesi ekonomi 2023 menurut Mastah Saham dalam perencanaan keuangan sehari-hari.

1. Mengatur Pengeluaran dan Pemasukan

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur pengeluaran dan pemasukan keuangan kamu (cashflow) agar tetap berjalan dengan baik. Apa itu cashflow?

Melansir dari Glints.com, cashflow adalah jumlah kenaikan atau penurunan arus kas keuangan yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau individu. Tujuan cashflow sendiri adalah untuk mengetahui kondisi dari keuangan.

Jadi, pastikan menekan pengeluaran yang dirasa kurang penting untuk dirimu sendiri dan segera lunasi hutang-hutang yang ada, sebelum resesi ekonomi itu terjadi.

2. Menyiapkan Dana Darurat

Kita semua tentunya sepakat bahwa dana darurat adalah strategi paling ampuh untuk menghadapi kondisi darurat, salah satunya resesi ekonomi. Lalu, berapa uang untuk dana darurat?

Nilai ideal untuk dana darurat sendiri minimal cukup untuk bertahan hidup selama 3 bulan. Misalnya, gaji kamu sebesar 5 juta dengan pengeluaran bulanan 3 juta, maka dana darurat yang harus disiapkan adalah 9 juta.

Dengan menyiapkan dana untuk keadaan darurat, maka kondisi seperti resesi ekonomi akan lebih tenang dihadapi. Selain itu, dana darurat juga berguna untuk mengcover hidup kamu selagi mencari pekerjaan baru.

3. Menyiapkan Asuransi

Asuransi menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk menghadapi resesi ekonomi 2023. Karena asuransi ini bisa dijadikan sebagai proteksi diri untuk pengalihan suatu resiko yang mungkin saja terjadi.

Adapun beberapa jenis asuransi yang perlu disiapkan seperti asuransi jiwa, kesehatan, atau bahkan barang. Tentunya asuransi ini bisa menjadi penolong alternatif saat kamu menemui sebuah musibah yang tidak diinginkan.

4. Mencari Pekerjaan Sampingan

Terjadinya resesi ekonomi membuat banyak perusahaan melakukan PHK karyawan secara besar-besaran. Oleh karena itu, penting sekali untuk mencari pekerjaan sampingan demi berjaga-jaga.

Ada banyak sekali pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan secara online sehingga tidak akan menganggu pekerjaan utama. Tapi, pastikan untuk mencari pekerjaan sampingan yang sekiranya sesuai dengan skill kamu.

Berdasarkan studi yang telah dilakukan, bahwa rata-rata para jutawan di dunia setidaknya mempunyai 7 sumber pendapatan (passive income). Maka dari itu, segera upgrade skill kamu jika memang belum memiliki skill tertentu.

5. Menyiapkan Tabungan

Selain menyiapkan dana darurat, penting juga untuk menyiapkan sebuah tabungan. Walaupun terdengar sangatlah sulit, usahakan selalu menyisihkan sebagian gaji untuk kamu tabung demi melindungi keuangan agar tetap stabil.

Jika kamu bingung bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik, maka bisa kamu manfaatkan sedikit tips cara mengatur keuangan dengan metode 50-30-20 yang sudah Mastah Saham jelaskan.

6. Membuat Pos Keuangan

Pos keuangan adalah metode perencanaan yang berisi hal-hal yang wajib dibayar setiap bulannya, mulai dari tagihan listrik, internet, cicilan, kebutuhan hidup, dan lain sebagainya.

Dengan membuat pos keuangan, kamu akan mengetahui seberapa banyak uang yang dibutuhkan untuk memenuhi semua kebutuhan primer maupun sekunder dalam 1 bulan.

Kamu juga bisa mulai dengan mengurutkan kebutuhan yang paling penting alias mendesak dan kurang penting alias kurang mendesak, sehingga nantinya bisa menyadari kebutuhan mana yang wajib diutamakan.

7. Melakukan Investasi

Cara menghadapi resesi ekonomi 2023 yang terakhir adalah dengan melakukan investasi. Memang terdengar sangat sulit karena kamu harus membagi gaji kamu untuk dana darurat, tabungan, dan bahkan investasi.

Namun, tidak ada salahnya kamu mencoba menyisihkan sedikit gaji untuk melakukan investasi. Beberapa instrumen investasi yang paling aman untuk jangka panjang, seperti reksadana, saham, emas, dan bahkan membangun bisnis kecil-kecilan.

Bagi kamu yang pengen berinvestasi di saham, Mastah Saham sangat menyarankan untuk belajar dulu. Kebetulan, Mastah Saham juga sudah menyiapkan bimbel gratis belajar investasi saham dari nol dengan penjelasan yang lengkap dan mudah dipahami.

Demikianlah beberapa cara menghadapi resesi ekonomi 2023 yang bisa dilakukan. Dengan banyaknya PHK massal, membuat pekerjaan semakin sulit didapatkan karena kamu bukan hanya bersaing dengan fresh graduate dan pengangguran.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk mendalami skill dan keterampilan tertentu yang sekiranya aman saat terjadi resesi ekonomi. Beberapa profesi yang masih eksis saat terjadi resesi ekonomi seperti freelancer, petugas kesehatan, jurnalis, guru, dan apoteker.

Posting Komentar untuk "7 Cara Menghadapi Resesi Ekonomi 2023"