Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghemat Uang Bulanan yang Efektif ala Anak Kost

Sebagai anak kost yang memiliki penghasilan serba pas-pasan, tentunya mereka harus bijak dalam mengatur keuangan bulanan untuk bertahan hidup, salah satunya adalah dengan berhemat.

Cara Hemat Uang Bulanan Ala Anak Kost

Yaps, cara menghemat uang bulanan ala anak kost ini mungkin bisa menjadi metode paling ampuh, untuk kamu yang ingin mengelola kebutuhan harian dengan budget yang super hemat (budgeting).

Agar lebih mudah, disini Mastah Saham akan membagi 2 cara menghemat uang bulanan ala anak kost yang efektif, yaitu anak kost yang sudah berpenghasilan dan anak kost yang belum berpenghasilan.

Cara Hemat Uang Bulanan Ala Anak Kost

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kita akan membagi caranya menjadi 2 kategori, yaitu anak kost yang sudah memiliki penghasilan seperti freelancer maupun fulltime dan anak kost yang belum berpenghasilan seperti masih mengandalkan uang orang tua.

1. Cara Hemat Uang Bulanan Ala Anak Kost Freelancer dan Full-time

Bagi anak kost yang sudah memiliki skill tertentu, tentunya akan mudah mendapatkan penghasilan tetap maupun tambahan. Sistem gaji mereka biasanya dibayar perprojek, perhari, perminggu, atau bahkan perbulan.

Lalu bagaimana cara menghemat uang bulanan ala anak kost freelancer? Berikut caranya.

  1. Jika kamu memiliki gaji harian Rp50.000, maka pastikan untuk membeli kebutuhan pangan terlebih dahulu. Kumpulkan uang tersebut selama 3 hari, untuk membelinya secara grosir dan bukan eceran.
  2. Usahakan sekitar 80℅ gaji kamu digunakan untuk membeli kebutuhan pokok dan 20℅ untuk ditabung atau digunakan untuk kebutuhan lainnya.
  3. Bagi freelancer yang sudah memiliki penghasilan lumayan, usahakan untuk menyisihkan sebesar 30℅ untuk ditabung dan 70℅ untuk kebutuhan pokok.
  4. Pastikan untuk selalu mencari pekerjaan tambahan yang bisa disesuaikan dengan waktu senggang kamu.

Berbeda dengan freelancer yang berpenghasilan tidak menentu, anak kost full-time cenderung mempunyai penghasilan yang tetap karena memiliki sistem kerja dengan waktu penuh. Lalu bagaimana cara menghemat uang bulanan ala anak kost full-time?

  1. Kesampingkan gengsi dan utamakan kebuhan pokok, dimana patokannya adalah cukuo untuk menunjang hidup selama 1 bulan.
  2. Usahakan menabung 5℅-30℅ dari total penghasilan untuk kebutuhan sekunder dan bisa juga digunakan untuk self-reward (diluar biaya sewa kost).
  3. Jangan habiskan tabungan hanya untuk bersenang-senang karena uangmu bisa habis, tapi tidak dengan nafsumu.
  4. Biasakan untuk memasak makanan sendiri karena jauh lebih hemat dibandingkan membeli diluar.
  5. Sisihkan sebagian gaji kamu untuk ditabung atau diinvestasikan demi masa depan yang lebih cerah.

Intinya, pastikan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang membuat kamu boros. Jika kamu bingung bagaimana cara mengaturnya, maka bisa banget mampir ke artikel Tips Mengatur Uang Gaji Dengan Metode 50-30-20.

2. Cara Hemat Uang Ala Anak Kost Kuliahan

Agar lebih gampang, mungkin sebut saja anak kost yang belum memiliki penghasilan ini sebagai anak kuliahan yang masih mengandalkan transferan duit orang tua.

Kita semua tahu bahwa anak kuliahan biasanya memiliki banyak waktu senggang karena tidak belajar atau libur. Nah, kamu bisa memanfaatkan waktu itu untuk mencari pekerjaan freelance.

Ada banyak sekali pilihan pekerjaan freelance menjanjikan untuk menambah penghasilan, seperti menjadi ghostwriters, transcribers, dropship, desain grafis, atau bahkan membuka toko online.

Lalu, bagaimana sih cara hemat uang bulanan ala anak kost kuliahan? Simak caranya berikut ini.

  1. Biasakan untuk memasak sendiri, mencuci sendiri, dan hindari membeli makanan dari luar. Dengan begitu, kamu bisa menghemat sedikit pengeluaran dari uang bulananmu.
  2. Catat pengeluaran secara rutin untuk mengetahui kebutuhan apa sajakah yang membuat kamu jadi boros.
  3. Rencanakan metode budgeting yang efektif dan pastikan mengurangi kebutuhan jajan atau ngemil kamu yang justru bikin boros.

Nah, itulah beberapa cara hemat uang bulanan ala anak kost yang bisa dilakukan. Melansir dari beberapa sumber media keuangan, anak kost yang biasa menghadapi manajemen keuangan buruk akan mudah stres dan merasa serba kekurangan.

Oleh karena itu, penting sekali mengetahui bagaimana caranya mengatur keuangan, salah satunya adalah dengan metode hemat uang bulanan ala anak kost.

Namun, terkadang berhemat saja belum tentu cukup untuk kehidupan anak kost yang penuh rintangan, maka dari itu usahakan selalu mencari peluang terbaru.

Sesulit apapun masalah kamu, jangan pernah berpikiran untuk melakukan pinjaman online (pinjol), karena itu semua adalah bom waktu bagi mereka yang belum memiliki penghasilan tetap.

Posting Komentar untuk "Cara Menghemat Uang Bulanan yang Efektif ala Anak Kost"