Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bimbel Gratis Belajar Investasi Saham Dari Nol

Sebagai pendahuluan, tulisan ini sendiri akan menceritakan tentang alasan mengapa saya mau membuat bimbel gratis belajar investasi saham dari nol. Mungkin hampir sudah dipastikan di umur kamu yang sekarang ini sering mendengar kata "Saham".

Bimbel Gratis Belajar Investasi Saham Dari Nol

Entah itu ketemu sekumpulan orang yang lagi membicarakan saham atau bahkan ketemu komunitas yang lagi bahas tentang saham. Mungkin kamu juga pernah menonton berita saham di Televisi yang menayangkan grafik naik turun harga dengan segala simbolnya yang justru membuat bingung.

Sementara di media sosial seperti Instagram dan Twitter saya merasa ada peningkatan yang lumayan signifikan dari konten-konten berbau saham, yang dimana setidaknya dalam kurun waktu setahun atau dua tahun terakhir.

Atau mungkin kamu juga memiliki teman dan kerabat yang ternyata mereka sudah mempunyai saham. Terus pada akhirnya kamu berpikir dan dalam hati mulai bertanya-tanya "Apa itu Saham?". Karena memang pertanyaan itu juga yang membuat saya mencari tahu sendiri lebih banyak tentang saham.

Bagi orang-orang yang memang tidak mempelajari hal semacam ini semasa dia sekolah, ngomong-ngomong saya juga termasuk salah satu yang tidak mempelajari hal semacam itu, mungkin saham ini akan menjadi sesuatu hal yang sangat tabu untuk dibahas.

Memang sangat-sangat tabu dan tidak jelas juga. Sampai pada awalnya saya berpikir "sudahlah saya nggak akan paham juga sama hal yang beginian" dan segala bentuk alasan lainnya yang justru membuat saya malas untuk belajar investasi saham.

Namun, disini saya bisa meyakinkan bahwa semua hal tersebut memang wajar, bahkan sangatlah wajar apabila kita tidak paham. Mengingat berdasarkan data yang saya ambil dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) tentang jumlah investor di Indonesia per November 2022 itu cuman 10 juta orang.

Data Pertumbuhan Jumlah Investor Saham di Indonesia
Gambar: Data Pertumbuhan Jumlah Investor Saham di Indonesia

Jika kamu berpikir bahwa jumlah tersebut banyak, maka sekarang bisa kamu bandingkan dengan jumlah penduduk di Indonesia, yang dimana per November 2022 jumlahnya itu adalah sekitar 275 juta orang. Berarti hanya ada kurang dari 5℅ dari total seluruh penduduk di Indonesia.

Data Statistik Jumlah Penduduk di Indonesia
Gambar: Data Statistik Jumlah Penduduk di Indonesia

Sedangkan jumlah investor saham di negara tetangga seperti Malaysia itu sekitar 13℅ dan Singapura itu mencapai sekitar 30℅. Berdasarkan datanya sendiri, jumlah investor di Indonesia itu mulai berkembang pesat semenjak 4 tahun ke belakang.

Tahun 2019 bisa kamu perhatikan pada gambar sebelumnya yang memperlihatkan data jumlah investor di Indonesia yang dimana itu cuman 2,4 juta, kemudian pada tahun 2022 melesat menjadi 10 juta. Berarti jumlah investor di Indonesia itu mengalami peningkatan 5 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Okelah, sebenarnya masih banyak orang-orang terutama di sekitar saya yang pengen belajar investasi saham, tapi bingung pengen mulai darimana. Ada banyak bahan bacaan buku, koran, atau bentuknya video seperti podcast dan lain-lain yang ujung-ujungnya malah bikin tambah pusing.

Oleh karena itu, daripada saya hanya membagikan ilmu kepada teman-teman sekitar yang jumlahnya tidak seberapa, saya akhirnya mulai kepikiran, bagaimana kalau materi tentang belajar investasi saham ini saya tulis dalam sebuah platform yang lebih besar seperti contohnya website.

Dengan demikian, harapannya bisa memberikan manfaat yang lebih besar karena cakupannya lebih luas. Jika kamu sudah termasuk ke dalam golongan orang-orang kurang dari 5℅ tadi alias investor, sebaiknya kamu cari kanal lain yang lebih advanced.

Karena pada dasarnya tujuan website Mastah Saham dibuat adalah hanya untuk membagikan edukasi alias ilmu untuk mereka orang-orang yang baru mulai belajar investasi saham dari nol banget.

-

Daftar Materi: Daftar Materi

Materi Selanjutnya Perhatikan ini Sebelum Belahar Investasi Saham

Posting Komentar untuk "Bimbel Gratis Belajar Investasi Saham Dari Nol"